Mengintip Kisah Dibalik Kesuksesan Kiki Menjadi Mawapres FKM 2019

Muhammad Rizky Widodo atau yang akrab disapa Kiki merupakan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) angkatan 2018. Setelah satu tahun menjadi mahasiswa FKM, Kiki telah menorehkan prestasinya melalui ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Mawapres) FKM tahun 2019. Dalam kegiatan tersebut Kiki berhasil menjadi juara mawapres dari angkatan 2018 sekaligus menjadi mawapres terfavorit.
Ketika diwawancarai oleh tim FKM NEWS pada Jumat (4/10/19), ia mengatakan bahwa kesuksesannya menjadi mawapres tidak serta merta ia dapatkan. Perlu adanya persiapan yang matang untuk menghadapi kegiatan itu, mulai dari kebiasaan membaca literatur, mengasah kepekaan terhadap isu-isu terkini hingga sensitif terhadap apapun yang dibicarakan oleh dosen.
“Sering-sering baca literatur, utamanya yang online karena aksesnya mudah, lalu peka terhadap isu terkini, dan sensitif terhadap omongan dosen karena biasanya melalui hal itu (Omongan dosen, Red) sudah bisa dijadikan karya ilmiah,” ucapnya.
Dia juga mengungkapkan beberapa tips bagi mahasiswa agar dapat menjadi mawapres. Diantaranya adalah mengalokasikan waktu untuk belajar mandiri pada setiap mata kuliah, tujuannya guna meningkatkan wawasan bagi diri sendiri.
“Tipsnya dengan mengalokasikan waktu untuk belajar mandiri pada setiap mata kuliah, alokasinya buat meningkatkan wawasan dan tips yang lain adalah jangan takut untuk mencoba,” tuturnya.
Di akhir wawancara, Kiki berpesan kepada mahasiswa FKM lain untuk jangan takut dalam mencoba dan mengeksplor hal yang baru. Dia juga menambahkan agar mahasiswa harus bisa memanfaatkan teknologi saat ini untuk hal-hal positif dan tanamkan pada diri sendiri jika belajar adalah ibadah maka, prestasi adalah dakwah. (*)
Penulis : Dita Aulia Rahma
Editor : Ulfah Mu’amarotul H

About the author

Newsroom FKM NEWS