Siapkan PIMNAS, FKM UNAIR adakan Training of Trainer (TOT) PKM 2019

FKM NEWS – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh Dikti, dimana dalam ajang ini akan bertanding bermacam mahasiswa, dari bermacam jurusan, dan bermacam penjuru Indonesia. PIMNAS juga sebagai ajang kompetisi inovasi generasi  muda untuk kemajuan bangsa.

Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu universitas yang selalu berpartisipasi dalam PIMNAS setiap tahunnya. Salah satu fakultas yang turut andil dalam mensukseskan PIMNAS adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), yang mana FKM mewajibkan pembuatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pada mahasiswa baru sebagai salah satu penilaian kaderisasi.

Departemen Riset dan Prestasi (Rispres) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKM UNAIR menjadi salah satu departemen yang mengurusi persiapan dan pelaksanaan PKM ditingkat fakultas. Persiapan tersebut mulai dari pembentukan kakak squad (kakak pendamping PKM mahasiswa baru, Red), pelatihan PKM, dan koordinator PKM fakultas.

Berdasarkan hal tersebut, Departemen Rispres BEM FKM UNAIR menggelar acara Training of Trainer (TOT) PKM 2019 pada Kamis (25/4/19) di ruang kuliah 8, lantai 2, FKM UNAIR. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian program kerja dari Departemen Rispres BEM FKM UNAIR yang bertajuk “Road to PIMNAS” yang terdiri dari Training of Trainer (TOT) dan PKM on Training (POT). TOT ditujukan untuk kakak squad yang telah terpilih, sedangkan POT ditujukan untuk mahasiswa baru.

Rima Putri Permata Sari, ketua pelaksana TOT PKM 2019 mengatakan bahwa, TOT bertujuan untuk memberikan bekal kepada kakak squad terkait PKM. Melalui bekal tersebut, diharapkan kakak squad siap dan mampu menjadi kakak pendamping PKM dan membimbing mahasiswa baru dengan baik. 

“TOT dibuat seperti pelatihan kakak squad, memberi tahu kakak squad gimana cara membuat PKM yang benar, apa saja yang dibutuhkan, dan  apa yang harus dilakukan,” jelas mahasiswa yang akrab dipanggil Rima tersebut.

“Nantinya, si kakak squad diharapkan siap dan mampu untuk menjadi kakak pendamping PKM dan membimbing si maba,” tambahnya.

Acara TOT itu dihadiri oleh salah satu koordinator Pembina PKM Universitas Airlangga Dr. E. Bimo Aksono, drh., M.Kes., dan tim Garuda Sakti. Selaku pemateri dalam acara tersebut, Bimo memberikan materi tentang isi PKM, macam-macam PKM, dan sharing tentang PKM yang lolos tahun sebelumnya. Sedangkan tim Garuda Sakti, memberikan informasi mengenai Kelas Garuda sebagai salah satu program mereka.

“Tahun ini terdapat sekitar 46 kakak squad, dan alhamdulillah acara TOT berjalan dengan lancar,” ucap Rima.

Lalu, Rima berpesan bahwa, semoga kegiatan ini dapat membantu tujuan UNAIR untuk sukses PIMNAS 2019. Selain sukses, diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti dapat menikmati dan menghargai setiap proses yang dilaluinya.

“Semoga nantinya kegiatan ini bisa memberikan effort bagi semua mahasiswa tidak hanya sekarang, tapi sampai nanti dan semua mahasiswa bisa menikmati dan menghargai setiap prosesnya,” pungkas Rima.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah