Fakultas Kesehatan Masyarakat Rutin Adakan Senam Aerobik Setiap Jumat

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) merupakan salah satu fakultas yang berada dalam rumpun ilmu kesehatan di UNAIR. FKM UNAIR juga merupakan fakultas yang di dalamnya mempelajari ilmu tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat.

Tidak hanya dipelajari saja, namun ilmu tersebut juga diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari, baik dilingkungan fakultas maupun diluar fakultas oleh semua civitas akademika FKM UNAIR. Salah satu pengaplikasian ilmu tersebut dilakukan oleh Asosiasi Mahasiswa Gizi (AMAZI) FKM UNAIR, berkolaborasi dengan Dekanat FKM UNAIR untuk mengadakan senam aerobik yang bertajuk Nutri-Aerobic. Nutri-Aerobic merupakan kegiatan senam aerobik yang dilaksanakan rutin setiap hari Jumat di parkiran selatan FKM UNAIR.

Nutri-Aerobic bertujuan untuk meningkatkan kesehatan tubuh para civitas akademika. Selain itu, Nutri-Aerobic juga memiliki manfaat khusus seperti,meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi berat badan, mengurangi berbagai penyakit/mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan otot, meningkatkan mood dan mengurangi stress, membersihkan arteri, memperkuat napas/stamina, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, mengatasi insomnia, memperkuat tulang dan sendi, dan merekatkan rasa persaudaraan antar civitas akademika.

Senam aerobik ini awalnya merupakan buah kerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) dan DPP Jawa Timur. Pada tahun 2017 PERSAGI mempunyai program menggalakkan senam aerobik untuk menanggulangi obesitas dan life style masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, AMAZI dan PERSAGI membuat kontrak selama tiga tahun (2017-2019) untuk pengadaan senam aerobik dan berkolaborasi dengan dekanat FKM UNAIR yang pada saat saat itu juga memiliki kesamaan program. Karena itu, terbentuklah program Nutri-Aerobic yang terus berjalan hingga saat ini.

Shafira Kusuma selaku wakil ketua AMAZI FKM UNAIR 2019, ketika di wawancarai via online oleh tim FKM NEWS mengatakan bahwa, setelah tiga tahun berjalan, AMAZI FKMUNAIR tetap ingin melaksanakan kegiatan rutin Nutri-Aerobic. Mengingat, banyaknya manfaat yang dirasakan oleh civitas akademika FKM UNAIR, maka AMAZI akan terus melakukan audiensi untuk perpanjangan kontrak Nutri-Aerobic.

“Tujuan dari Nutri-Aerobic ini untuk menjaga life style. Namun yang pasti, Nutri-Aerobic ini untuk peningkatan aktifitas fisik,” jelas mahasiswa yang akrab dipanggil Shafira tersebut.

“Sebenarnya juga dapat sebagai tempat untuk saling mengenal antar civitas di FKM,” lanjutnya.

Senam aerobik merupakan aktifitas fisik yang akan membuat badan semakin sehat dan bugar. Karena itu, Shafira berhrap agar seluruh civitas FKM UNAIR antusias dan menyambut baik program tersebut. Dengan begitu, FKM UNAIR dapat menjadi contoh upaya perilaku sehat bagi masyarakat luas, khususnya warga UNAIR.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah
Editor : Ilham Akhsanu Ridlo
Caption foto: Potret kegiatan Nutri-Aerobic yang berlangsung pada setiap Jumat pagi di tempat parkir selatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR). (Foto: Istimewa)