Kenapa Pemerintah Sulit Mengirim Tenaga Kesehatan dan Membangun Pelayanan Kesehatan di Daerah 3T?

FKM NEWS – Di Indonesia, pemerintah masih terus berupaya untuk melakukan pemerataan pelayanan kesehatan hingga ke daerah tertinggal, terdalam dan terluar (3T). Salah satu tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai tujuan itu adalah sulitnya akses dan mahalnya biaya untuk bisa mencapai daerah tersebut.
Menurut Dr. Rachmat Hargono, dr., M.S., M.PH, ketua unit kajian kesehatan masyarakat (Ukakes) Fakultas Kesehatan Masyarkat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), untuk mengirim tenaga kesehatan dan membangun pelayanan kesehatan di daerah 3T memerlukan biaya yang sangat tinggi. Salah satu penyebabnya adalah infrastruktur masih belum terbangun di daerah tersebut sehingga akses menuju kesana menjadi sulit dan mahal.
“Meskipun membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar, pembangunan infrastruktur penting dilakukan untuk membuka daerah terpencil di Indonesia agar pelayanan kesehatan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia,” jelas dosen yang akrab disapa Dr. Rachmat tersebut.
 
Penulis : Galuh Mega Kurnia
Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/04/07/hari-kesehatan-dunia-pemerataan-infrastruktur-di-daerah-3t-penting-dilakukan/
Sumber Ilustrasi : youthmanual.com
 

About the author

Newsroom FKM NEWS