Mahasiswa FKM UNAIR Juara 1 LKTIN PHOENIX

FKM NEWS – Mahasiswa FKM UNAIR berhasil mendapatkan juara satu pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) PHOENIX. Yaitu  Bintang Aji Pangestu, Devi Anggraini, dan Rica Naudita (Rica). LKTIN PHOENIX itu sendiri dilanksanakan oleh FKM PSDKU UNAIR Banyuwangi.
Rica menjelaskan bahwa topik yang mereka angkat untuk lomba tersebut adalah tentang Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Serangga Belalang di Tanaman Jagung. Topik tersebut dipilih karena banyaknya penggunaan pestisida berbahan kimia di dunia pertanian saat ini dapat berdampak terhadap pencemaran lingkungan.
Pemakaian insektisida kimia yang berlebihan dalam kondisi sekarang akan menyebabkan perubahan iklim. Sehingga membuat serangga yang dibasmi bersifat resistan dengan pestisida kimia.
“Bukan hanya meracuni hama serangga, namun pestisida kimia itu juga dapat meracuni para petani yang akan berdampak pada kesehatan mereka dan penduduk sekitar. Sehingga kami berinisiatif untuk menciptakan pestisida alami dari daun talas dan kulit bawang merah yang mudah diterapkan oleh petani,” jelas mahasiswa FKM angkatan 2016 itu.
Terdapat beberapa kesulitan yang dialami oleh tim dalam persiapan lomba. Salah satunya adalah keterbatasan waktu untuk berdiskusi karena beberapa anggota sedang melakukan PKL.
Namun hal tersebut dapat diatasi dengan berdiskusi via online. Mereka bersyukur dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi almamater dengan mengalahkan 18 finalis dari seluruh Indonesia.
 
Penulis : Galuh Mega Kurnia
Dilansir dari : http://news.unair.ac.id/2019/11/28/teliti-tentang-pestisida-alami-mahasiswa-fkm-raih-juara-1-dalam-lktin-phoenix/

About the author

Newsroom FKM NEWS