Kepemimpinan Pengaruhi Kinerja Rumah Sakit

FKM NEWS – Sebuah rumah sakit dikatakan berhasil jika angka kunjungan pasien dari tahun sebelumnya mengalami peningkatan. Salah satu faktor peningkatan kunjungan pasien adalah kinerja rumah sakit. Kinerja rumah sakit dapat dinilai dari faktor kepemimpinannya.
Enny Mar’atussholihah, melakukan penelitian  untuk mengetahui pengaruh antara faktor kepemimpinan menurut persepsi karyawan berdasarkan faktor motivasi dan faktor kemampuan terhadap kinerja rumah sakit. Penelitian dilaksanakan dengan rmenggunakan pendekatan kuantitatif. Yaitu, wawancara mendalam pada 84 karyawan salah satu rumah sakit umum daerah.
Wawancara mendalam tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih mendalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah faktor kepemimpinan dan variabel tergantung adalah kinerja.
Hasil penelitian menunjukan bahwa  ada pengaruh faktor motivasi terhadap kinerja. Kemudian, ada pengaruh faktor kemampuan terhadap kinerja. Dan ada pengaruh faktor kepemimpinan terhadap kinerja rumah sakit.
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah dengan faktor kepemiminan yang baik dapat meningkatkan kinerja, begitu pula sebaliknya dengan faktor kepemimpinan yang kurang maka akan dapat menurunkan kinerja.
 
Penulis : Galuh Mega Kurnia
Link : http://repository.unair.ac.id/23800/

About the author

Newsroom FKM NEWS