Charisma Agustin, Mahasiswi FKM Berhasil Sabet Juara 1 KMI Award

FKM NEWS – Charisma Agustin kerap disapa Risma, mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) 2017 berhasil mengharumkan nama Universitas Airlangga di ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswi Indonesia (KBMI). Kompetisi itu merupakan kompetisi kewirausahaan mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).
“Alasan saya mengikuti lomba ini untuk melatih jiwa kewirausahaan saya dan mengembangkan produk yang sudah dibuat agar bisa lebih dikenal secara luas dan penjualannya juga bisa meningkat,” imbuhnya.
Dalam ajang tersebut Risma ditemani oleh timnya yang berjumlah lima orang yakni, mahasiswi FST, FKH, dan FKP. Risma dan timnya harus melewati berbagai teknis perlombaan mulai dari pengumpulan proposal, pendanaan, serta monitoring dan evaluasi. Puncak kompetisi itu berupa Expo dan KMI Award yang diselenggarakan pada Jumat (22/11/19) hingga Senin (25/11/19) di Politeknik Negeri Batam.
Pada Kompetisi itu Risma dan timnya berhasil menyabet gelar juara 1 KMI Award dengan kategori Industri Kreatif. Risma dan timnya menciptakan produk kreatif dan inovatif yang bernama “Haira” yang terdiri dari tiga item yaitu masker kefir, scrub kopi, dan bedda lotong (lulur khas bugis), yang mana dari ketiga item tersebut mengangkat tema Nusantara karena memanfaatkan bahan dan rempah asli Indonesia. Pembuatan produk Haira berhasil memberdayakan petani kopi dan pemerah susu di Lereng Gunung Kelud sebagai pemasok bahan baku produk Haira.
“Harapannya sih semoga kami dan mahasiswa lainnya bisa lebih termotivasi untuk mengikuti berbagai kompetisi karena kalau tidak sekarang, kapan lagi?,” imbuhnya.
 
Penulis: Yasmin Nihayatun Nadzifah
Editor : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About the author

Newsroom FKM NEWS