Cegah Hipertensi, PKL Desa Tlatah Adakan Penyuluhan pada Lansia

FKM NEWS – Kamis (16/1/19) tim Praktik Kerja Lapangan (PKL) Fakultas Kesehata Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) Kelompok 10 yang bertempat di Desa Tlatah, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro kembali menjalankan perannya sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat.

Memberikan penyuluhan hipertensi sebagai langkah pencegahan salah satu penyakit tidak menular yang cukup ngetrend di Indonesia.
Pada acara Posyandu Lansia yang rutin diadakan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Desa Tlatah, penyuluhan terkait hipertensi diberikan dengan beberapa tambahan kegiatan lain seperti, senam pencegahan hipertensi pada lansia, pengukuran berat badan dan tekanan darah, serta pembagian obat. Pembagian obat dan pemeriksaan dilakukan oleh Reny selaku bidan desa dan Ria selaku perawat desa.

“Jadi ini kegiatan rutin posyandu lansia tiap bulan tanggal 16, kita disuruh bantu isi materi penyuluhan sama bantu senam,” ungkap Ainayya Rizky Savitri salah satu mahasiswa PKL Tlatah.

Selain itu mahasiswa yang akrab dipanggil Naya itu juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat membuat seseorang mengalami Hipertensi. Yaitu, usia, keturunan, obesitas, konsumsi garam berlebih, kurang aktifitas fisik, dan merokok.

Kemudian, Naya juga menyebutkan bahwa antusias begitu ditunjukkan oleh para lansia. Dibuktikan dengan semangatnya mereka ketika mendapat materi dari mahasiswa PKL dan pada saat senam diberikan. Gerak tubuh dilakukan dengan penuh semangat dan energi yang maksimal.

Penulis : Ulfah Mu’amarotul Hikmah

About the author

Newsroom FKM NEWS