Kenali Lebih Dini, Tanda dan Gejala DBD

FKM NEWS – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dengan perantara vektor nyamuk spesies Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Pada umumnya DBD menyerang anak-anak yang berumur kurang dari 15 tahun namun juga bisa menyerang orang dewasa.
Masa inkubasi virus dengue dalam manusia antara 3-14 hari sebelum gejala muncul, lalu gejala klinis rata-rata muncul pada hari keempat hingga hari ketujuh. Beberapa tanda dan gejala penyakit DBD tersebut antara lain adalah sebagai berikut.
Tanda dan gejala klinis DBD
1. Demam tinggi.
Demam tinggi ini terjadi terus-menerus selama 2-7 hari. Suhu tubuh saat demam bisa mencapai 40°C sehingga dapat menyebabkan kejang.
2. Trombositopenia
Jumlah trombosit ≤ 100×109/L biasanya ditemukan antara hari ketiga dan kedelapan.
3. Manifestasi hemoragik
Manifestasi hemoragik seperti uji torniket positif. Biasanya manifestasi hemoragik ringan itu seperti perdarahan pada kulit (petekie, hematoma), epistaksis (pendarahan hidung), pendarahan gusi, dan hematuria mikroskopis. Manifestasi hemoragik yang lebih serius yaitu perdarahan vagina, hematemesis, melena, dan pendarahan intrakranial.
4. Permeabilitas pembuluh darah
Permeabilitas pembuluh darah akut mengarah ke kebocoran plasma ke kompartemen ekstravaskular, hal ini akan menimbulkan bintik-bintik merah pada kulit.
 
4 tahapan derajat keparahan DBD
a. Derajat I
Tanda yang ada pada derajat I yaitu demam disertai gejala tidak khas dan uji torniket positif.
b. Derajat II
Pada tahapan derajat II terdapat tanda derajat I ditambah ada perdarahan spontan di kulit atau perdarahan lain.
c. Derajat III
Pada tahap ini ditandai adanya kegagalan sirkulasi yaitu nadi cepat dan lemah serta penurunan tekanan nadi (<20 mmHg), hipotensi (sistolik menurun sampai <80 mmHg), sianosis di sekitar mulut, akral dingin, kulit lembab dan pasien tampak gelisah.
d. Derajat IV
Tanda yang terdapat pada tahapan derajat IV yaitu syok berat (profound shock), nadi tidak dapat diraba dan tekanan darah tidak terukur.
 
Penulis : Vina Himmatus Sholikhah
Editor : Galuh Mega Kurnia
Sumber :
Centers for Disease Control and Prevention. 2009. Dengue and Dengue Hemorrhagic Fever. Cañada Street, San Juan, Puerto Rico.
Informasi dan Pusat Data Kementerian Kesehatan RI. 2018. Situasi Penyakit Demam Berdarah di Indonesia Tahun 2017
Gubler, J. Duane. 1998. Dengue and Dengue Hemorrhagic Fever. Clinical Microbiology Review 11(3) : 480–496
 

About the author

Newsroom FKM NEWS