Sosialisasi Student Exchange : FKM UNAIR Tawarkan Enam Jenis Program Fakultas yang Bisa Diikuti Mahasiswa

FKM NEWS – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) terus berupaya untuk memfasilitasi mahasiswa guna menambah pengalaman belajar di luar negeri. Salah satunya adalah dengan menyediakan program pertukaran pelajar yang bisa diikuti oleh mahasiswa.  Beberapa program pertukaran pelajar yang ditawarkan oleh fakultas tersebut adalah sebagai berikut.
Offers Full Time

  1. PKL Mahidol University (Credit Transfer).
    1. Periode : 17 Februari 2020 – 9 Mei 2020
    2. Periode : 1 juni 2020 – 3 juli 2020
  2. Magang di Management And Science University, Malaysia (Credit Transfer).

S1 Kesmas & Gizi:

  1. UMRA Hospital – Obstetric and Gynaecology hospital
  2. MSU Medical Center
  1. Magang di Griffith Univ : Masih dalam proses penjajakan.

Mahasiswa yang mengikuti program PKL di Mahidol University boleh tidak mengikuti PKL yang diadakan oleh Fakultas. Jikapun mahasiswa tersebut juga mengikuti PKL Fakultas, maka mahasiswa boleh mengajukan program PKL di Mahidol University tersebut untuk program KKN Internasional.
Kemudian, program PKL diperuntukkan bagi mahasiswa semester 4 ke atas atau bisa juga untuk semester 4 on going. Sementara program magang diperuntukkan bagi mahasiswa minimal semester 6. Program magang yang dilakukan tersebut juga dapat menggantikan kewajiban magang di semester 8.
Credit Transfer / Credit Earning

  1. MSU (Health and Life Science) : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan Kesehatan Lingkurang.
  2. Universitas Putra Malaysia (Faculty Health and Medicine) : Nutrition, Dietetic, K3, Kesehatan Lingkungan (Saat ini program berstatus HOLD, belum bisa dilakukan karena adanya outbreak COVID-19).
  3. Griffith University, Australia : proses penjajakan.

Dr. Diah Indriani S.Si, M.Si  selaku kepala prodi S1 Kesmas menjelaskan bahwa meskipun masih dalam proses penjajakan, setidaknya skema magang untuk Griffith University adalah research based. Yaitu, mahasiswa magang dibawah bimbingan dosen disana untuk ikut penelitian.
Pendaftaran program pertukaran pelajar dapat dilakukan oleh mahasiswa per 1 April 2020 atau minimal tiga bulan sebelum program dilaksanakan. Serta untuk keberangkatan 1 Juni – 15 Desember 2020.
Catatan :
Melihat situasi dan kondisi saat ini dengan adanya outbreak COVID-19 di dunia, program pertukaran pelajar untuk sementara ditangguhkan, menunggu protokol penanggulangan COVID-19 dari Kementerian Kesehatan.
Informasi mengenai skema pertukaran pelajar FKM UNAIR dapat diakses disini.
Informasi mengenai persyaratan pengajuan dana dapat diakses disini.
 
Penulis : Galuh Mega Kurnia

About the author

Newsroom FKM NEWS